Temanku Satu ini Tidak Tahu Sopan Santun

Selamat sore sobat, mau curhat dulu nih. Begini loh, temen saya yang berinisial "AR" itu udah gila atau apa, atau tidak pernah disekolahin? Padahal temen saya satu ini udah kelas 9 Esempe loh, kalau guru bicara, dia juga ikut bicara *ya bicaranya si AR itu kayak ngeledek guru aja*. :-w

Source : Google Image
Kemarin kan pas lagi US (Ujian Sekolah), dia itu dikelas malah nyanyi nyanyian loh, padahal kan lagi melaksanakan US. Nah langsung deh pengawas itu marah kayak gini "Ehh Jempe atuh!!" *bahasa sunda, dan nadanya nada yang marah banget* ehh si AR langsung bicara gini "ehh Aldo jempe" Lahh?? kan si AR yang nyanyi? kenapa si AR nyalahain temen saya yang bernama Aldo? *memang si AR udah bener bener GILA!!.., sukanya nyalahin orang aja*.

Penampilan si AR pun berantakan, tiap hari pake topi *bukan pake topi sekolah* dikelas juga topinya dipake. Pake kalung lagi *kayak cewek aja*. Dia ditanya sama guru "Buka Topina", si AR pun menjawab dengan tidak sopan "ehh enya bu, bu atuh da isin botak" alasannya sih malu karna BOTAK *si AR botak karena bekas dirajia, karna rambut kayak anak band rock*, pas Ibu Guru itu pergi.. langsung deh si AR ngejekin Ibu Guru dari belakang.

Norma sopan santun
Norma sopan santun adalah peraturan hidup yang timbul dari hasil pergaulan sekelompok itu. Norma kesopanan bersifat relatif, artinya apa yang dianggap sebagai norma kesopanan berbeda-beda di berbagai tempat, lingkungan, atau waktu.

Contoh-contoh norma sopan santun ialah:
  1. Menghormati orang yang lebih tua.
  2. Menerima sesuatu selalu dengan tangan kanan.
  3. Tidak berkata-kata kotor, kasar, dan takabur.
  4. Tidak meludah di sembarang tempat.
  5. Tidak menyela pembicaraan.
Norma sopan santun sangat penting untuk diterapkan, terutama dalam bermasyarakat, karena norma ini sangat erat kaitannya terhadap masyarakat. Sekali saja ada pelanggaran terhadap norma kesopanan, pelanggar akan mendapat sanksi dari masyarakat, semisal cemoohan. kesopanan merupakan tuntutan dalam hidup bersama. Ada norma yang harus dipenuhi supaya diterima secara sosial.
(source : WikiPedia)
Lihat! Kan SOPAN SANTUN juga ada Norma Normanya? si AR tidak disekolahin atau gimana sih. Saya juga tidak begitu mengerti mengapa dia tidak tau Sopan Santun, mungkin faktor keluarga juga pasti adalah. Dan factor dari pergaulan bebas juga ada *itu pasti*.

Udah segitu aja curhatnya /panas. Dan tolong bantu Do'a yah sobat, semoga temen saya yang satu ini bisa merubah sikapnya yang jelek itu :).

Tambahan nih buat para pelajar :) berpakaian rapi yah ;) saya juga masih pelajar kok :) :
Source : http://adeciawi.files.wordpress.com/
Yang wajahnya seperti saya *tidak ganteng maksudnya* pasti keliatan GANTENG kalo berpakaian Rapi.
Yang wajahnya Jelek pasti keliatan JELEK BABGET kalo berpakaian Tidak Rapi.
Yang wajahnya Ganteng pasti keliatan JELEK kalo berpakaian Tidak Rapi.
Yang wajahnya Ganteng pasti keliatan LEBIH GANTENG lagi kalo berpakaian Rapi.
Udah segitu aja. :p :))

17 Responses to Temanku Satu ini Tidak Tahu Sopan Santun

  1. Hehehee…., memang aneh punya teman begitu. Tapi justru dari dia kita bisa menilai siapa diantara kita yang berkelakuan baik atau lebih baik dari itu. Kalau yang buruk, gak usah di lihat lagi nambahin dosa! Oke ??

    ReplyDelete
    Replies
    1. oke mbak :D heheh.. abis saya kesel sama sikapnya :D hehehe

      Delete
  2. Banyak sekali yang mempengaruhi perilaku ataupun norma manusia,terutama lingkungan dan pergaulan ,sedangkan pelajaran akhlak yang didapat dari sekolah mungkin tidak sebanding dengan pergaulan diluar sekolah.maka dari itu peranserta orang tua lebih banyak dibutuhkan kerana orang tua yang lebih banyak waktunya untuk bisa mendidik anak-anaknya....

    ReplyDelete
  3. Ke lima point Norma sopan santun di artikel
    Temanku satu ini tidak tahu sopan santun ini
    sangat menginfirasi buat saya. makasih Mas

    ReplyDelete
  4. yah, kalau tidak bisa santun paling tidak ya sopan lah, karena sopan juga ikut sekolah (nama orang). hehee

    ReplyDelete
  5. pelajar kini pake pakaian sangat rapi, bahkan roknya kurang dari selutut :v

    ReplyDelete
  6. saya jadi heran kalo AR bisa bersikap begitu..tapi gurunya juga kok sepertinya malah membiarkan sikap AR, bukannya seharusnya sang guru mengajarkan sopan santun kepada AR..... keep happy blogging always..salam dari Makassar :-)

    ReplyDelete
    Replies
    1. soalnya si AR udah bandel banget.. justru dia udah dimarahin berkali kali.. tapi masih belum sadar aja.. Slam blogger juga.. hehe

      Delete
  7. Replies
    1. yang mana mas ? yang ada difoto atau yg lagi saya ceritain ? :D

      Delete
  8. punya teman yg seperti itu, setidaknya membuat kita kelihatan lebih baik (dari dia pastinya)

    ReplyDelete
  9. memang benar, lingkungan memiliki andil besar dalam membentuk karakter seseorang

    ReplyDelete
  10. kkwwkkwk, anak jaman sekarang mah sopan santunnya udah luntur kebawa keringat :D.


    jangan lupa kunjungan baliknya :D..

    ReplyDelete

Hallo :) Please don't span and share link in comment.