Mengcover Lagu Dengan Mudah

Mengcover Lagu Dengan Mudah - Back again with me!! ketahuilah, anak smk jurusan broadcasting kalau udah masuk kelas 11 bawaanya sibuk terus, ngejar shooting lah demi nilai, iya gak? Jadi gue selama itu ga bisa ngapa - ngapain selain ngerjain tugas terus. Kali ini dindin pengen ngasih cara atau tutorial mengcover lagu dengan mudah, dirumah sendiri.


Sebelum memulai recording, kalian pastinya harus mempunyai alat alat atau software berikut :
  • MICROPHONE
  • HEADPHONE
  • LAPTOP/PC
  • SOFTWARE EDITING AUDIO : Cool Edit Pro, Adobe Audition
  • FORMAT FACTORY (PENTING GA PENTING UNTUK MENCONVERT KE MP3)
TIPS! Jika microphone kalian kualitasnya tidak bagus, carilah ruangan kosong untuk melakukan recording. Nah ini untuk mengatasi noise yang masuk hehe.
Alat sama software untuk recording sudah siap? kalau udah silahkan kalian cari duli diyoutube atau dimana, cari music yang basis nya karaoke/tidak ada suara vocal di lagu yang ingin kalian cover. Dan disini saya menggunakan software Cool Edit Pro mmmm hampir sama sih Adobe Aution sob.

Headphone sama mic saya sudah pasang dilaptop saya sob, dan ini setingan untuk memilih device untuk mic dan headphone. Headphone saya gunakan untuk mendengarkan lagu, dan mic untuk saya recording nya sob hehe. Jika tidak ada driver yang bisa mengatur plugin device yang masuk, bisa langsung ke control panel sob, tinggal dicari aja. Dan seperti ini sob.


Sudah siap kan untuk memulai recording? haha. Nah seperti ini contoh saya untuk memulai recording sob.


Jadi kalau kalian tidak mengetahui lirik dari lagu tersebut ya seperti itu caranya. Sambil dengerin sambil nyanyi buat recording. Gitu sob, paham kan? kalau tidak comment aja.

Setelah recording selesai, jika file music karoke nya masih (.mp4) kalian convert terlebih dahulu ke (,mp3) lalu masukin ke cool edit pro dan cocokin deh dari menit berapa atau dinada mana kita mulai menanyi sob.


Udah cocok atau udah pas? tinggal Save MixDown As sob, jadiin mp3, selesai deh hehe. Gampang kok sob, kalau suara kalian pengen bagus lagi tinggal edit edit aja disoftwarenya.

Dan berikut ada lagu yang saya cover sob, emmm sebenernya sih banyak banget lagu yang saya cover, tapi takut telinga kalian rusak jadi saya masukin ke soundcloudnya dikit deh hahaha. Berikut sob, cek!

Maaf bikin telinga kalian ga enak atau rusak haha, suara saya jelek banget >_<.. Oke sob segitu mungkin untuk tutorial recording nya, jika kalian bingung langsung nanyain aja, see u. Semoga bermanfaat yah.

5 Responses to Mengcover Lagu Dengan Mudah

  1. Wahh cocok banget mas buat yang sering cober lagu di yutub, makasih triknya ya
    Biasanya yang bikin njlimet itu kalo mau nyantumkan liriknya pas apa ngga dengan tempo musik ;)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama sama mbak..
      Nah itu mbak, harus pas banget biar masuk sama nadanya hohohoo :-bd

      Delete
  2. Baca dari atas sampe abis, kok, jadi laper, yak. Mungkin karena kebanyakan sobnya. :(
    Nah. Kebetulan aku emang lagi cari cara buat nge-record yang gampang untuk di upload ke Soundcloud. Soalnya tanpa peralatan-peralatan yang mendukung, jadinya jelek bahkan mungkin nggak bisa, kan, ya. Makasih, Dindiiiin. Membantu banget, nih. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Itu sop mbak hahah :ng:ng:ng
      Semoga bermanfaat, nah kan mbak deva suka pake gitar, ada kok caranya suara gitarnya ke record dengar jelas.. ntar saya bagi tips nya lagi ya :-bd

      Delete
  3. saya dengerin saja deh mas..
    suaranya saya bagus banget soalnya kalau ga ada yang dengar...:D

    editing lagu pastinya memakan waktu ya..

    ReplyDelete

Hallo :) Please don't span and share link in comment.